0
Sekedar sharing pengalaman...
Pernahkah anda mengalami komputer atau laptop anda tidak bisa login ke windows?
Atau windows tidak bisa start alias selalu tampil pilihan booting safe mode, repair your computer, start windows normally, dan lain-lain atau ketika sedang loading windows kemudian komputer atau laptop anda kembali restart dengan sendirinya?
Masalah seperti ini penyebabnya adalah registry yang rusak dan atau yang sering saya temukan adalah masalah pada booting harddisk(bukan rusak tapi lagi error), bisa jadi karena arus listrik yang tiba-tiba terputus atau komputer/laptop tidak dimatikan secara normal.
Apa yang anda lakukan untuk menyelesaikan masalah seperti ini? Install ulang? Lalu kehilangan data-data yang mungkin anda simpan di dektop, my document, atau pada folder lain di drive C.
Saya pun pernah dan sering mengalami masalah yang sama. Tapi saya berpikir jika kita menghadapi masalah tersebut kemudian kita tinggal install ulang lalu masalah selesai? Betul, 99% kemungkinan masalah tersebut teratasi. Tapi jika begitu terus, ketika menemukan masalah yang sama lalu jalan satu-satunya install ulang, maka kita seperti lari dari masalah, wihh kapan pintarnya kalau begitu?
Nah, karena sering mengalami hal demikian untuk itu tidak ada salahnya saya sedikit sharing pengalaman atau ilmu, karena ilmu tidak akan berguna jika disimpan sendiri, tidak diajarkan kepada orang lain yang ingin belajar dan belum mengetahui.

 Bagaimana mengatasinya tanpa harus kehilangan data-data yang tersimpan di drive C?
Begini langkah-langkahnya:

1. Pertama yang harus anda siapakan adalah Hiren's boot cd, bisa versi 9, 14, 15.
2. Booting dari CD Hiren's kemudian masuk ke mini windows XP
3. Setelah berhasil login buka my computer, perhatikan drive letter di mana sistem operasi terinstall, terkadang tetap drive letternya C, bisa juga berubah menjadi D.
4. Jika sudah menemukan Drive letternya maka langkah selanjutnya adalah menjalankan cmd: start>run>ketik cmd>enter, atau keyboard shortcutnya logo windows+R>ketik cmd>enter.
5. Setelah window cmd tampil selanjutnya anda ketik: chkdsk [drive letter]: /f /r lalu tekan enter. Contoh: chkdsk c: /f /r
6. Tunggu proses checking selesai hingga 100%
7. Setelah selesai, pada cmd ketik exit>enter untuk keluar dari cmd
8. Silahkan restart komputer atau laptop anda.
9. Taraaaa komputer atau laptop anda sudah bisa start dengan normal lagi...
10. Jika cara tersebut di atas tidak berhasil, mungkin ada langkah-langkah yang anda lakukan kurang tepat, coba diulangi, jika tidak berhasil juga terpaksa install ulang, hehe...

Semoga Bermanfaat...

Post a Comment

 
Top